Kewajiban Anak Pada Orang Tua - 3
Hubungan Keluarga

4 Kewajiban Anak Pada Orang Tua ini Sudahkah Kamu Lakukan?

Orang tua telah melaksanakan tanggung jawabnya terhadap kita selama bertahun-tahun hingga kita mampu hidup dewasa dan mandiri. Maka dari itu, sebagai anak, kita seharusnya tahu apa saja yang menjadi kewajiban kita terhadap kedua orang tua. Meskipun demikian, sering sekali kita temui di dunia nyata, anak-anak yang tega meninggalkan orang tua dalam kondisi renta dan memiliki banyak keterbatasan bahkan sulit untuk sekedar berjalan.

Ingatlah bahwa pada masa kecil kamu, baik ayah maupun ibu, tidak henti-hentinya memberikan kasih sayang dan perhatian, serta selalu berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan kamu. Mereka mencari nafkah tanpa mengenal lelah untuk menopang hidup seluruh anggota keluarga, memastikan kamu tinggal di tempat yang layak, mendapat gizi yang cukup, bahkan membelikan mainan baru. Ibu mengurus anak setiap hari, menyediakan makanan setiap hari, memastikan pakaian bersih untuk dikenakan, dan bahkan beberapa ikut membantu mencari nafkah. Sekarang, ketika kamu sudah dewasa, sudahkah kamu mengetahui tugas dan tanggung jawab kamu terhadap kedua orang tua? Berikut penjelasannya.

Tanggung Jawab dan Kewajiban Anak Pada Orang Tua

  1. Mematuhi Perintah Orang Tua

Kewajiban Anak Pada Orang Tua
—http://peaceinyourhome.com/

Orang tua akan sangat kecewa dan sakit hati apabila anak yang telah dibesarkan susah payah pada akhirnya sulit untuk dinasihati ataupun diminta melakukan sesuatu untuk mereka. Sebaliknya, hati mereka akan begitu senang dan tenteram apabila kamu sebagai anaknya mematuhi perintah dan keinginan mereka. Terlebih, pada dasarnya orang tua menginginkan hal yang baik untuk anak-anaknya. Tetapi, beberapa anak meskipun tidak menolak secara terang-terangan keinginan orang tua, namun kenyataannya menunda-nunda ataupun mencari berbagai alasan untuk tidak melakukan perintah orang tua. Perbuatan demikian sama saja menyakiti hati kedua orang tua dan melalaikan kamu dari tanggung jawab sebagai seorang anak.

Baca Juga: Berbakti kepada Orang Tua, 5 Hal Sepele Tapi Penting

  1. Memenuhi Kebutuhan Orang Tua

Kewajiban Anak Pada Orang Tua - 1
—http://www.scholastic.com/

Seperti penjelasan di atas, faktor usia yang semakin bertambah membuat setiap orang pada akhirnya akan mengalami keterbatasan dalam banyak hal terutama kondisi fisik. Sehingga terkadang tidak memungkinkan bagi orang tua untuk mencari nafkah bahkan untuk kebutuhan sehari-hari. Mengingat orang tua sudah melakukan tanggung jawabnya sebisa mungkin untuk menafkahi anak-anaknya, maka sudah kewajiban anak pada orang tua untuk melakukan hal sebaliknya di usia tua mereka.

  1. Menjalankan Ibadah Serta Mendoakan Orang Tua

Kewajiban Anak Pada Orang Tua - 1
—faithgateway.com

Sebelum kamu dilahirkan, kedua orang tua tentunya mengharapkan kamu tumbuh besar dengan baik dan menjadi anak yang soleh. Tunjukkanlah bahwa upaya mereka tidak sia-sia dalam mendidik kamu melalui ketakwaan dan keimanan yang kamu miliki ketika dewasa. Yang terpenting, selalu doakan mereka karena doa kamu selalu berarti untuk kedua orang tua.

  1. Mempertahankan Nama Baik Kedua Orang Tua

Kewajiban Anak Pada Orang Tua - 3
—thelightmag.com

Orang tua kamu tentulah bukan manusia yang sempurna. Mereka pasti memiliki kekurangan dan kesilapan baik dalam hal kata-kata maupun perbuatan. Selama itu dalam batas yang wajar, sudah merupakan kewajiban anak pada orang tua untuk tidak menceritakan kejelekan orang tua di hadapan umum, terlebih menghina dan merendahkan mereka. Selain itu, kamu pun harus menjaga nama baik mereka melalui perbuatan dan kata-kata kamu di lingkungan kamu sehari-hari. Jangan melakukan perbuatan ataupun berkata-kata kotor yang pada akhirnya membuat malu kedua orang tua dan mencoreng predikat baik mereka selama ini.

Keempat tanggung jawab di atas adalah bagian penting dari kewajiban anak pada orang tua yang wajib kamu ketahui. Namun, di samping itu tentu masih ada banyak hal yang sudah sepatutnya kamu lakukan sebagai anak. Terlebih lagi, kondisi setiap orang tua pasti berbeda-beda. Bisa jadi ada yang mengalami masalah kesehatan serius sehingga membutuhkan perhatian ekstra. Ya, perlihatkan pada orang tua seberapa sukses kamu dengan memenuhi tanggung kamu sebagai anak!

Leave a Reply