Berbakti Kepada Orang Tua.
Hubungan Keluarga

Berbakti Kepada Orang Tua, 5 Hal Sepele Tapi Penting

Di zaman sekarang ini, di mana moral dan pendidikan agama sudah semakin terkikis oleh gaya hidup bebas, terdapat banyak sekali anak yang tidak tahu caranya berbakti kepada orang tua. Mereka bukan saja tidak tahu, tetapi bahkan tidak mau tahu. Ya, orang tua sudah bersusah payah membesarkan dan mendidik anak sebaik mungkin, namun di masa tuanya malah mendapat perlakukan buruk dari anak-anaknya. Banyak anak sudah kehilangan sopan santun, respek, serta kasih sayang kepada kedua orang tuanya, sehingga tega memperlakukan dengan buruk bahkan menelantarkan begitu saja orang tua yang sudah lanjut usia.

Sebagai anak, ada banyak hal yang patut untuk kita ingat sepanjang hidup akan pengorbanan orang tua selama bertahun-tahun, mulai dari melahirkan, memberi asi, memberi nafkah, waktu, dan materi. Oleh sebab itu, berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban kita sebagai balasan atas pengorbanan mereka yang bahkan rela bertaruh nyawa demi kita. Berbakti kepada ayah dan ibu dapat dilakukan melalui banyak cara yang seringkali tidak menuntut materi. Berikut beberapa cara sederhana menunjukkan pembaktian kamu kepada orang tua.

Cara Sederhana Berbakti Kepada Orang Tua

  1. Menjaga Sikap Sopan Santun Terhadap Orang Tua

Berbakti Kepada Orang Tua
Berbakti Kepada Orang Tua.

Sikap sopan santun pada orang tua antara lain mencakup mengucapkan salam ketika datang maupun hendak pergi, serta tidak bersikap lancang dan kurang ajar baik dalam kata-kata maupun perbuatan terhadap kedua orang tua.

  1. Dengan Senang Hati Membantu Meringankan Pekerjaan Rumah

Berbakti Kepada Orang Tua.
Berbakti Kepada Orang Tua.
—parentsociety.com

Tanpa kita sadari, rutinitas yang dijalani oleh para orang tua sebenarnya sangat melelahkan. Terutama para ibu, mulai dari ketika anaknya masih bayi, melakukan pekerjaan rumah tangga sembari menjaga dan merawat anak-anak hingga anak beranjak dewasa. Bahkan seringkali tetap bersedia memasak dan mencuci pakaian anak-anaknya yang telah dewasa, serta untuk cucu-cucu mereka. Sebagai anak yang berbakti pada orang tua, sudah sepantasnya kita menggunakan tenaga dengan senang hati untuk meringankan beberapa pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel lantai, mencuci piring dan pakaian, serta memasak. Meski tidak setiap hari kita dapat membantu ibu sepenuhnya, namun tindakan sekecil apapun dengan niat membantu ibu pastinya akan membuat hati orang tua merasa senang dan bahagia.

  1. Bertutur Kata Lembut Kepada Orang Tua

Berbakti Kepada Orang Tua.
Jaga omongan, ya.
—turningpointjustice.com

Tutur kata yang lemah lembut ketika berbicara pada kedua orang tua pastilah menentramkan hati mereka. Sebaliknya, ucapan dengan intonasi nada yang tinggi, terlebih lagi cacian ataupun kata-kata penghinaan, pasti akan menyakiti hati ayah dan ibu, serta menjadi beban pikiran mereka. Membuat mereka bahagia secara tidak langsung juga dapat memperpanjang umur mereka, bukan?

  1. Memberikan Hadiah

Berikan hadiah
Berikan hadiah.
—magforwomen.com

Salah satu cara menunjukkan rasa kasih sayang yang paling umum adalah dengan memberikan hadiah. Kita sering melakukan pada suami atau istri, kerabat, teman kerja, maupun sahabat. Oleh sebab itu, bagaimana dengan orang tua kita? Hadiah yang kita berikan juga tidak mesti mahal ataupun bernilai materi. Memberi hadiah semampu kita sudah merupakan suatu kebanggan bagi kedua orang tua, di mana mereka tentu merasa dihargai dan dimulaikan oleh anak-anak mereka.

Baca: Antara Teman dan Sahabat, 4 Perbedaan yang Perlu Kamu Tahu!

  1. Merawat Orang Tua yang Lanjut Usia

Merawat orangtua lansia
Merawat orangtua lansia

Orang tua, baik ayah maupun ibu, telah membuktikan kesabaran serta ketekunan mereka merawat kita sejak kecil hingga dewasa dan mandiri. Ingatkah kamu bahwa dulu ibu yang menyuapi kamu dengan sabar meski kamu rewel dan berjalan ke sana kemari? Ibu juga yang mengganti popok dan memandikan agar kita senantiasa dalam keadaan bersih dan wangi. Ayah bekerja bahkan ketika tubuhnya tidak begitu sehat demi mencari nafkah untuk kebutuhan sekolah dan kamu dapat mengenakan pakaian dan sepatu yang layak. Jadi, sekarang waktunya kamu memberi perhatian pada usia lanjut mereka, di mana mereka sudah memiliki banyak keterbatasan untuk melakukan apapun.

Dari 5 hal di atas, cara berbakti kepada orang tua yang tidak kalah penting adalah doa. Baik ketika mereka masih hidup, maupun sudah meninggalkan dunia ini. Meski sudah berkeluarga, tidak menutup alasan bagi kamu untuk membaktikan diri pada orang tua. Bagaimana pun keadaan kamu sekarang, upayakanlah menunjukkan pembaktian atas kerja keras orang tua kamu selama ini!

Leave a Reply