Alasan Masuk Jurusan IPA
Sekolah

Waspadai 5 Alasan Masuk Jurusan IPA Berikut ini, Teman!

Alasan Masuk Jurusan IPA – Setiap tahun banyak sekali anak-anak SMA yang memilih jurusan IPA daripada jurusan IPS. Banyaknya jumlah tersebut terjadi karena berbagai alasan, yaitu sesuai dengan cita-cita atau malah hanya sekedar ikut-ikutan. Terkadang faktor kedua disebabkan oleh berbagai sebab yang kemungkinan dapat membahayakan masa depan kamu jika tidak hati-hati. Meskipun jurusan IPA juga dapat memilih jurusan IPS di seluruh universitas di Indonesia, akan lebih baik jika kamu memilih jurusan yang sudah disesuaikan. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di lingkungan sekolah nanti. Berikut beberapa alasan masuk Jurusan IPA yang mesti kamu pertimbangkan lagi, ya!

Pikirkan Lagi Kalau Alasan Masuk Jurusan IPA yang Ini

  1. Lebih Fleksibel dalam Memilih Jurusan Kuliah

Alasan Masuk Jurusan IPA
Lebih gampang untuk ambil jurusan kuliah.

Adanya pemilihan jurusan IPC seringkali menjadi alasan bagi kita untuk memilih jurusan IPA sebagai jembatan awal memasuki kuliah. Padahal, kita harus menghadapi mata pelajaran IPA yang belum tentu membuat kita bersemangat untuk mempelajarinya. Alhasil, banyak sekali siswa yang merasa jenuh bahkan ingin berpindah ke jurusan IPS. Itulah sebabnya kita harus berpikir lebih matang jika ingin memilih jurusan yang dapat meningkatkan prestasi akademik bahkan cita-cita kita.

  1. Hanya Sekedar Ikut Teman, Jadi Alasan Masuk Jurusan IPA

Hanya Sekedar Ikut Teman
Hanya Sekedar Ikut Teman

Secara tidak langsung, kita mungkin akan menjumpai beberapa tipe siswa SMA seperti demikian. Meskipun ditunjukkan secara implisit, cara seperti ini sangat tidak disarankan untuk kamu. Jika masuk jurusan IPA memang pilihan tepat untuk meraih impianmu, tidak ada salahnya untuk mengikuti teman. Akan tetapi jika karena alasan sebaliknya, pikir ulang sebelum keputusan tersebut justru membuat prestasimu tertinggal dengan yang lain. Meskipun kamu memilih beda jurusan dengan temanmu, bukan berarti hubungan pertemanan satu sama lain harus renggang begitu saja.

  1. Tuntutan Orangtua

Tuntutan Orangtua
Tuntutan Orangtua

Di sisi lain, kita menemukan banyak alasan orang tua yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah orang tua kita ingin sekali masuk jurusan yang mereka mau padahal jurusan tersebut belum tentu disukai oleh kita. Ada sebagian yang menerima argumen tersebut bahkan tidak. Alhasil, buat yang tidak menerima argumen tersebut cenderung melakukan sesuatu dengan paksaan. Supaya terhindar dari fase salah jurusan, bicaralah kepada orang tua kalian dan beri mereka pengertian terhadap jurusan yang ingin kalian pilih untuk masa depan.

Baca Juga: Berbakti Pada Orang Tua, 5 Hal Sepele Tapi Penting

  1. Meremehkan Tingkat Kesulitan Pelajaran IPA

Masuk jurusan IPA tentunya membuka peluang lebar terhadap semua jurusan-jurusan yang ada di berbagai universitas terkadang membuat kita menjadi merasa terlalu dimudahkan oleh situasi. Alhasil kita cenderung meremehkan pelajaran-pelajaran IPA yang mengandalkan banyak rumus-rumus rumit. Selain itu, persaingan yang sangat ketat pun juga dapat menjatuhkan kita jika tidak fokus. Itulah sebabnya jangan main-main dalam mengejar impian kamu.

  1. Jurusan IPA = Jurusan Siswa Unggulan

Pernyataan tersebut bukan pernyataan yang tepat karena jurusan IPS tentu memiliki siswa unggulan yang disesuaikan dengan bidang masing-masing. Pernyataan tersebut justru dapat menjatuhkan diri sendiri jika kalian tidak dapat meraih prestasi yang diinginkan. Itulah mengapa kita tidak perlu memikirkan orang lain dalam mengejar impiannya.

Baca Juga: Nggak Perlu Gengsi, Ini 5 Alasan untuk Masuk Jurusan IPS

Itulah sekelumit info mengenai alasan masuk jurusan IPA yang kerap menjadi alasan yang berlawanan dari seharusnya. Memang banyak sekali siswa yang menggunakan alasan tersebut di beberapa sekolah. Akan tetapi, jangan sampai pilihan tersebut merenggut masa depanmu. Berhati-hatilah dalam memilih jurusan dan selamat berjuang.

Leave a Reply